Kembali

Kunjungan TAJJ (Tim Akselerasi Jabar Juara)

 rizwan
 Jumat,24 Januari 2020
thumbnail

Rumah Sakit Pameungpeuk Garut berkesempatan bertemu dan melakukan diskusi dengan TAJJ (Tim Akselerasi Jabar Juara) yaitu dr. H. Rachim Dinata Marsidi, Sp.B., FINAC., M.Kes dan dr. H. Ahmad Kustijadi, M.Epid. beliau berkeliling, bersilaturahmi, dan membagikan pengalamannya untuk Rumah Sakit Pameungpeuk Garut yang sedang dalam proses pengembangan pelayanan kesehatan.

Beliau menyampaikan untuk menjadi Rumah Sakit unggulan harus memiliki

  1. Perubahan pola pikir dengan Akreditasi

Dalam UU No. 44 Tahun 2009 ; upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib terakreditasi secara berkala 3 tahun sekali. Akreditasi Rumah Sakit merupakan salah satu cara membangun budaya mutu dan keselamatan pasien.

  1. Penerapan Mutu dan Keselamatan Pasien

Penerapan mutu dan keselamatan pasien meruapakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan Rumah Sakit sebagai tata kelola klinis yang baik. Kesehatan bermutu merupakan yang memberikan rasa puas dan menghasilkan outcome sebagai bukti objektif dari mutu layanan kesehatan yang diterima pelanggan yang mengacu pada prinsip efektif, efisien, dan safety.

  1. Layanan Unggulan

Layanan unggulan Rumah Sakit harus dapat menyediakan layanan unggulan yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga masyarakat merasa terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan tersebut di Rumah Sakit.

Rumah Sakit harus meningkatkan kualitas dan safety, karena Rumah Sakit merupakan kesatuan yang didalamnya semua element (managemen, medis, penunjang medis dll) harus bekerjasama satu dengan yang lainnya. Dengan adanya Akreditasi diharapkan tumbuh pula kepercayaan dan pengakuan dari masyarakat bahwa Rumah Sakit Pemerintah mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.